09 Oktober 2010

Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara/Resmi

Bahasa Indonesia memiliki peran dan fungsi dalam berkomunikasi antar satu daerah tertentu, namun kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara/. Bahasa resmi memiliki peran tersendiri. Hal ini berdasarkan Muslich (2007), dalam “Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25 s.d. 28 Februari 1975 dikemukakan bahwa di dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia befungsi sebagai: 1). bahasa resmi kenegaraan, 2). bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan, 3). bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah, 4). bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

(1) bahasa resmi kenegaraan,

Untuk hasil keputusan-keputusan, dokumen-dokumen, dan surat-surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan lembaga-lembaganya dituliskan di dalam bahasa Indonesia. Pidato-pidato atas nama pemerintah atau dalam rangka menuanaikan tugas pemerintahan diucapkan dan dituliskan dalam bahasa Indonesia

(2) bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan,

Sebagai bahasa resmi, bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi.

(3) bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah,

Sebagai fungsinya di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah, bahasa Indonesia dipakai dalam hubungan antarbadan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

(4) bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

Pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknolologi (iptek). Penggunaan bahasa Indonesia baik melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah, hendaknya menggunakan bahasa Indonesia.

2 komentar:

  1. makasi, saya terbantu dengan tulisannya mb'

    BalasHapus
  2. klo bhasa indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan kegmana lagi?

    BalasHapus